Senin, 14 November 2016

PEMILIHAN MEDIA

PEMILIHAN MEDIA Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik . Media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran itu juga memerlukan perencanaan yang baik . Seorang guru memilih salah satu media dalam kegiatannya di kelas atas dasar pertimbangan antara lain : (a) ia merasa sudah akrab dengan media itu- papan tulis atau proyektor transparasi, (b) ia merasa bahwa media yang dipilihnya dapat menggambarkan dengan baik dari pada dirinya sendiri, misalnya diagram pada flip chart, atau (c) media yang dipilihnya dapat menarik minat dan perhatian siswa, serta menuntutnya pada penyajian yang lebih terstruktur dan teroganisasi. Heinich, dan kawan-kawan (1982) mengajukan model perencanaan penggunaan media yang efektif yang dikenal dengan istilah ASSURE (ASSURE adalah singkatan dari Analyze leaner characteristics, State objective, Select, or modify media, Utilizer, Require learner response, and Evaluate). Media ini menyarankan enam kegiatan utama dalam perencanaan pembelajaran sebagai berikut : 1. (A) Menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran, apakah mereka siswa sekolah lanjutan atau perguruan tinggi, anggota organisasi pemuda, perusahaan, usia, jenis kelamin, latar belakang budaya dan sosial ekonomi, serta menganalisis karakteristik khusus mereka yang meliputi antara lain pengetahuan, keterampilan, dan sikap awal mereka. 2. (S) Menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu perilaku atau kemampuan baru apa (pengetahuan, keterampilan atau sikap) yang diharapkan siswa miliki dan kuasai setelah proses belajar-mengajar selesai. 3. (S) Memilih, memodifikasi, atau merancang dan mengembangkan materi dan media yang tepat. Apabila materi dan media pembelajaran yang telah tersedia akan dapat mencapai tujuan, materi dan media itu sebaiknya digunakan untuk menghemat waktu, tenaga, biaya. Disamping itu, perlu pula di perhatikan apakah materi dan media itu akan mampu membangkitkan minat siswa, memiliki ketepatan informasi, memiliki kualita yang baik, memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi, telah terbukti efektif-jika pernah diuji cobakan dan menyiapkan petunjuk untuk berdiskusi atau kegiatan follow-up. 4. (U) Menggunakan materi dan media. Setelah memilih materi dan media yang tepat, diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menggunakannya. Disamping praktik dan latihan menggunakannya, persiapan ruangan juga diperlukan seperti tata letak tempat duduk siswa, fasilitas yang diperlukan seperti meja peralatan, listrik, layar, dan lain-lain harus dipersiapkan sebelum penyajian. 4. (R) Meminta tanggapan dari siswa. Guru sebaiknya mendorong siswa untuk memberikan respon dan umpan balik mengenai keefektivan proses belajara mengajar. Respon siswa dapat bermacam-macam, seperti mengulangi fakta-fakta, mengemukakan ikhtisar atau rangkuman informasi atau pelajaran, atau menganalisis alternatif pemecahan masalah atau kasus. Dengan demikian, siswa akan menampakkan partisipasi yang lebih besar. 5. (E) Mengevaluasi proses belajar. Tujuan utama evaluasi disini adalah untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa mengenai tuuan pembelajaran, keefektivan media, pendekatan, dan guru sendiri. Pada tingkat yang menyeluruh dan umum pemilihan media dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut : 1. Hambatan pengembangan dan pembelajaran yang mengikuti faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang tersedia, waktu yang tersedia (waktu mengajar dan pengembangan materi dan media), sumber-sumber yang tersedia (manusia dan material). 2. Persyaratan isi, tugas, dan jenis pembelajaran. Isi pembelajaran beragam dari sisi tugas yang ingin dilakukan siswa, misalnya penghapalan, penerapan keterampilan, pengertian hubungan-hubungan, atau penalaran dan pemikiran tingkatan yang lebih tinggi. Setiap kategori pembelajaran itu menuntut perilaku yang berbeda-beda, dan dengan demikian akan memerlukan teknik dan media penyajian yang berbeda pula. 3. Hambatan dari siswa dengan mempertimbangkan kemampuan dan keterampilan awal, seperti membaca, mengetik dan menggunakan komputer, dan karakteristik siswa lainnya. 4. Pertimbangan lainnya adalah tingkat kesenangan (preperensi lembaga, guru, dan pelajar) dan keefektivan biaya. Tuntutan Isi Pelajaran Kategori Pembelajaran Indikator Perilaku Menghafal atau mengidentifikasi informasi  Menghafal Mengenal atau mengingat • Asosiasi • Daftar • Daftar berurut • Daftar asosiasi Menunjukan suatu keterampilan pada kondisi yang beragam  Menerapkan keterampilan Mengidentifikasi/mengelompokkan • Konsep menghasilkan/menunjukan • Prosedur memperkirakan/menyelesaikan • prinsip Menggunakan pengetahuan kognitif khusus yang kompleks untuk penyelesaian atau perkiraan  mengerti hubungan-hubungan Membandingkan/mengontraskan;menganalisis jenis/bagian-bagian;menggunakan nalar Menunjukan sesuatu keterampilan yang digunakan dalam beberapa domain isi yang berbeda  Berfikir tingkat lebih tinggi Problem-solving: • Analisis • Sintesis • Evaluasi Strategi belajar 5. pemilihan media sebaiknya mempertimbangkan pula : a. Kemampuan mengakomodasikan penyajian stimulus yang tepat (siswa dan/audio) b. Kemampuan mengakomodasikan respon siswa yang tepat (tertulis, audio, dan kegiatan fisik) c. Kemampuan mengakomodasikan umpan balik. d. Pemilihan media utama dan media sekunder untuk penyajian informasi atau stimulus, dan untuk latihan dan tes (sebaiknya latihan dan tes menggunakan media yang sama). Misalnya, untuk tujuan belajar yang melibatkan penghafalan. 6. Media sekunder harus mendapat perhatian karena pembelajaran yang berhasil menggunakan media yang beragam. Dengan penggunaan media yang beragam, siswa memiliki kesempatan untuk menghubungkan dan berinteraksi dengan media yang paling efektif sesuai dengan kebutuhan belajar mereka secara perorangan. Penyajian Informasi/stimulus Latihan/Tes Utama Sekunder Utama Sekunder Guru/instruktur Proyektor transparansi Komputer Pengawas Tape-recorder Media cetakan/buku teks/gambaran lepas Guru/instruktur Bimbingan sejawat Kertas/lembar kegiatan/kartu bantu Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologis yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah sebagai berikut : 1. Motivasi Harus ada kebutuhan, minat, atau keinginan untuk belajar dari pihak siswa sebelum meminta perhatiannya untuk mengerjakan tugas dan latihan. Perlu untuk melahirkan minat itu dengan perlakuan yang memotivasi dari informasi yang terkandung dalam media pembelajaran itu. 2. Perbedaan individual Siswa belajar dengan cara dan tingkat kecepatan yang berbeda-beda. Faktor-faktor seperti kemampuan intelegensia, tingkat pendidikan, kepribadian dan gaya belajar mempengaruhi kemampuan dan persiapan siswa untuk belajar. 3. Tujuan pembelajaran Jika siswa diberitahukan apa yang diharapkan mereka pelajari melalui media pembelajaran itu, kesempatan untuk berhasil dalam pembelajaran semakin besar. Tujuan ini akan menentukan bagian isi yang mana yang harus mendapatkan perhatian pokok dalam media pembelajaran. 4. Organisasi isi Pembelajaran akan lebih mudah jika isi dan prosedur atau keterampilan fisik yang akan dipelajari diatur dan diorganisasikan ke dalam urut-urutan yang bermakna. Dengan cara seperti ini dalam pengembangan dan penggunaan media, siswa dapat dibantu untuk secara lebih baik mensintesis dan memadukan pengetahuan yang akan dipelajari. 5. Persiapan sebelum belajar Siswa sebaiknya telah menguasai secara baik pelajaran dasar atau memiliki pengalaman yang diperlukan secara memadai yang mungkin merupakan prasyarat untuk penggunaan media dengan sukses. Dengan kata lain, ketika merancang materi pelajaran, perhatian harus ditunjukan kepada sifat dan tingkat persiapan siswa. 6. Emosi Pembelajaran yang melibatkan emosi dan perasaan pribadi serta kecakapan amat berpengaruh dan bertahan. Media pembelajaran adalah cara yang sangat baik untuk menghasilkan respon emosional seperti takut, cemas, empati, cinta kasih dan kesenangan. 7. Partisipasi Partisipasi artinya kegiatan mental atau fisik yang terjadi di sela-sela penyajian materi pelajaran. Dengan partisipasi kesempatan lebih besar terbuka bagi siswa untuk memahami dan mengingat materi pelajaran itu. 8. Umpan Balik Hasil belajar dapat meningkat apabila secara berkala siswa diinformasikan kemajuan belajarnya. 9. Penguatan (reinforcement) Pembelajaran yang didorong oleh keberhasilan amat bermanfaat, dapat membangun kepercayaan diri, dan secara positif mempengaruhi perilaku di masa-masa yang akan datang. 10. Latihan dan pengulangan Agar suatu pengetahuan atau keterampilan dapat menjadi bagian kompetensi atau kecakapan intelektual seseorang, haruslah pengetahuan atau keterampilan itu sering diulangi dan dilatih dalam berbagai konteks. 11. Penerapan Hasil belajar yang diinginkan adalah meningkatkan kemampuan seseorang untuk menerapkan atau mentransfer hasil belajar pada masalah atau situasi baru. Kriteria Pemilihan Seperti telah di uraikan di atas,kriteria pemilihan media bersumber dari konsep bahwa media merupakan bagian dari sistem intruksional secara keseluruhan. Untuk itu ,ada beberapa kriteria yang patut diperhatikan dalam memilih media. 1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah kognitif,efektif dan psikomotor. Tujuan ini dapat di gambarkan dalam bentuk tugasyang harus dikerjakan /dipertunjukan oleh siswa seperti menghafal,melakukan kegiatan yang melibatkan kegiatan fisik atau pemakaian prinsip-prinsip seperti sebab dan akibat,melakukan tugas yang melibatkan pemahaman konsep-konsep atau hubungan-hubungan perubahan,dan mengerjakan tugas-tugas yang melibatkan pemikiran pada tingkatan lebih tinggi. 2. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta,konsep,prinsip,atau generalisasi. Media yang berbeda,misalnya film dan grafik memerlukan simbol dan kode yang berbeda,dan oleh karena itu memerlukan proses dan keterampilan mental yang berbeda untuk memahaminya. Agar dapat membantu proses pembelajaran secara efektif,media harus selaras dan sesuai dengan kebutuhan tugas pembelajaran dan kemampuan mental siswa. Televisi,misalnya,tepat untuk mempertunjukan proses dan transformasi yang memrlukan manipulasi ruang dan waktu 3. Praktis,luwes,dan bertahan.Jika tidak tersedia waktu,dana,atau sumber daya lainnya untuk memproduksi,tidak perlu dipaksakan. Media yang mahal dan memakan waktu lama untuk memproduksinya bukanlah jaminan sebagai media yang terbaik. Kriteria ini menuntun para guru/instruktur untuk memilih media yang ada,mudah diperoleh,atau mudah dibuat sendiri oleh guru. Media yang dipilih sebaiknya dapat digunakan di mana pun dan kapan pun dengan peralatan yang tersedia di sekitarnya, serta mudah di pindahkan dan di bawa ke mana-mana. 4. Guru terampil menggunakannya. Ini merupakan salah satu kriteria utama. Apa pun media itu,guru harus mampu menggunakannya dalam proses pembelajaran. Nilai dan manfaat media amat ditentukan oleh guru yang menggunakannya. Proyektor transparansi (OHP), Proyektor slide dan film,komputer,dan peralatan canggih lainnya tidak akan mempunyai arti apa-apa jika guru belum dapat menggunakannya dalam proses pembelajaran sebagai upaya mempertinggi mutu dan hasil belajar. 5. Penggelompokan sasaran. Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya jika digunakan pada kelompok kecil atau perorangan.Ada media yang tepat untuk jenis kelompok besar,kelompok sedang,kelompok kecil,dan perorangan 6. Mutu teknis. Pengembangan visual baik gambar maupun fotograf harus memenuhi persyaratan teknis tertentu.Misalnya,visual pada slide harus jelas dan informasi atau pesan yang di tonjolkan MEDIA Tujuan/ Tugas/ Isi GURU INSTRUKTUR CETAK TRANSPARANSI SLIDE GAMBAR ILUSTRASI AUDIO-TAPE VIDIO KASET RADIO FILM KOMPUTER SIMULASI VIDIODISC PERMAINAN TELEVISI Sifat Tugas *Menghafal v v v v v v v *Memerlukan prosedur fisik v v v v v v v v v v v v v *Memerlukan penerapan prinsip-prinsip v v v v v v v v v v v *Pemahaman konsep-konsep dan hubungan-hubungan v v v v v v v v v v v *Memerlukan pemikiran tingkat lebih tinggi v v v v v v v v v MEDIA Tujuan/ Tugas/ Isi GURU INSTRUKTUR CETAK TRANSPARANSI SLIDE GAMBAR ILUSTRASI AUDIO-TAPE VIDIO KASET RADIO FILM KOMPUTER SIMULASI VIDIODISC PERMAINAN TELEVISI Sifat RESPONT *Memerlukan Respon Lisan v v v v v v v *Memerlukan peralatan teknis v v v v v v v v v v v v v *Suara penting untuk mempelajari/menguasai tugas v v v v v v v v v KONTEKS PEMBELAJARAN *Memerlukan revisi dan update v v v v v v v *Kelompok Besar (50) v v v v v v v v v *Kelompok Kecil (2-!0) v v v v v v v v v v v v v *Latihan/Tutor Perorangan v v v v v v v v v v v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar